batu bacan untuk investasi

batu hidup, begitu yang sering didengungkan orang ketika berbicara batu bacan. hidup memiliki makna bisa bermetamorfosa atau berubah dari kondisi awal batu dibentuk. unik memang, perubahan pada batu bacan itu membuat batu bacan memiliki nilai yang cukup fantastis. dan menggiurkan untuk dijadikan objek perdagangan. logikanya begini, harga bacan yang berkualitas super mencapai belasan sampai puluhan juta rupiah per mata cincin. ketika masarakat penggemar akik dihadapkan pada harga yang fantastis itu menjadikan pemiliki kantok cekak memburu bacan dengan kualitas rendah sampai menengah. dengan harapan dan memegang kepercayaan bahwa batu bacan dapat berubah atau bermetamorfosa dari kualitas rendah menjadi batu akik bacan dengan kualitas tinggi atau super dan tentunya meningkatkan harga baacan tersebut. dalam sebuah tabloid yang membahas khusu seputar batu akik, seorang pedagang batu akik menuturkan bahwa beli bacan kualitas apapun tidak masalah yang penting bcan, si penutur memaparkan pengalaman pribadinya, suatu ketika dia membeli bacan dengan harga 9 juta, hanya dalam waktu 4 bulan batu baacannya tersebut sudah di tawar orang seharga 40 juta. wow, sebuah peningkatan nilai yang fantastis bukan.

yah,saat ini saya sendiri sebagai pedagang batu akik, belum merasakan fenomena itu. sudah ada beberapa batu bacan yang yang saya miliki ditawar orang dengan harga yang lebih dari harga waktu saya beli, malah ada yang nawar jauh di bawahnya. kalau gak mau segitu ya udah, saya yakin kok batu akik bacan saya ini tambah lama tambah bagus dan tentu harganya juga pasti naik.

sebelum nulis posting ini saya terlebih dahulu bacan sebuah artikel di bukalapak.com
judulnya "mengapa batu akik tidak cocok untuk investasi?". trend batu akik memang merata diseluruh indonesia, hanya tingkatnya berbeda-beda, singkat kata tren menentukan nilai, sedangkan tren disetiap kota berbeda-beda menyebabkan harga batu akik juga bisa berbeda-beda. so, hati2 ketika akan memulai bisnis batu akik, lihat pasar di kota masing-masing. ada sih yang juga bilang kalau bacan diseluruh indonesia trennya masih stabil dan menempati posisi pertama batu akik yang paling banyak diburu.

terlepas dari itu semua, buat dagang tentu boleh, bisa buat investasi mungkin aja, tp yang paling penting tu kegemaran, alias hobi. anda suka batu akik, monggo geluti sedalam-dalamnya, karena yang setegah dalam bisa membuat kapal kandas. hehe saya sendiri sih batu bacan masih menjadi koleksi utama saya. dan insya Allah buat investasi saya di masa yang akan datang.